iemawati

ahlan wa Sahlan in my blog….. :)

resensiQ Mei 4, 2012

Filed under: resensiQ — iemawati @ 2:04 am

ImageRESENSI

Identitas Buku
1.    Judul        : Dasar- Dasar Psikolinguistik
2.    Penulis     : Kholid A. Harras dan Andika Dutha Bachari
3.    Penerbit    : Universitas Pendidikan Indonesia Press, Bandung
4.    Cetakan    : 1, 2009
5.    Tebal         : 17×25 cm + 120 halaman

Dasar-Dasar Psikolinguistik

Kholid A. Harras dan Andika Dutha Bachari adalah penulis buku “ Dasar- Dasar Psikolinguistik ”. Buku ini terdiri atas empat bab. Secara umum, buku ini memuat tentang konsep-konsep mendasar dalam kajian Psikolinguistik, seperti konsep mengenai proses berbahasa pada manusia, pemerolehan bahasa, pembelajaran bahasa, dan gangguan berbahasa pada manusia.
Dalam buku ini menjelaskan apa sebenarnya Psikolingistik itu, cabang-cabang psikolinguistik, Hakikat bahasa manusia, ciri bahasa manusia, pemerolehan bahasa, dan anak-anak dengan kelainan bicara dan bahasa.
Psikolinguistik merupakan ilmu yang menguraikan proses-proses psikologis yang terjadi apabila seseorang menghailkan kalimat dan memahami kalimat yang didengarnya waktu berkomunikasi dan bagaimana kemampuan berbahasa itu diperoleh manusia. Psikolinguistik merupakan ilmu yang menghubungkan psikologi dan linguistik. Tujuan utama seorang psikolinguis ialah menemukan struktur dan proses yang melandasi kemampuan manusia untuk berbicara dan memahami bahasa. Simanjuntak menyatakan bahwa masalah-masalah yang dikaji oleh psikolinguistik berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut. Apakah sebenarnya bahasa itu? Apakah bahasa itu bawaan atau hasil belajar? Bagaimanakah bahasa pertama (bahasa ibu) itu diperoleh oleh seorang anak? Mengapa sesorang menderita kelainan berbahasa? Apa yang menyebabkan kelaianan dalam berbahasa?. Pertanyaan-pertanyan tadi akan dibahas sedikit dalam buku ini.
Bahasa dalam konteks linguistik dipandang sebagai bunyi yang arbitrer, konvensional, dan dipergunakan oleh manusia sebagai sarana komunikasi. Bahasa manusia memiliki suatu karakteristik yaitu Menggunakan saluran vokal-lauditoris, arbitrer, kebermaknaan, transmisi budaya, penggunaan spontan, saling berganti, dualitas, keterpisahan, kebergantungan struktur, kreativitas. Bahasa itu menggunakan structure – dependent operaations (operasi ketergantungan struktur). Operasi ketergantungan struktur yang dimaksud ialah komposisi dan produksi tuturan tidak hanya menguntai urutan kata-kata. Setiap kalimat memiliki struktur internal yang tak terdengar yang harus dimengerti oleh pendengar. Untuk memahahi. Untuk memahami hakikat bahasa, kita perlu memahami dua hal penting. Pertama, tentang semua sistem komunikasi binatang dibandingkan dengan bahasa manusia untuk melihat apakah binatang dapat dikatakan berbicara dalam arti yang sesungguhnya. Kedua, beragam upaya mengajari binatang untuk berbahasa juga dibahas dalam bab ini. Tujuan semua kajian itu tidak lain adalah untuk melihat apakah hanya manusia yang memiliki potensi untuk berbicara. Apakah kita secara biologis terpilih sebagai binatang yang berbicara atau tidak.
Dalam masalah pemerolehan bahasa anak yang memperoleh bahasa tidak hanya sekadar belajar sebuah akumulasi tuturan yang acak, tetapi mempelajari seperangkat kaidah yang melandasi prinsip pembentukan pola ujaran. Seseorang yang memperoleh pengetahuan bahasa, pada dasarnya ia menginternalisasikan sistem kaidah yang berhubungan dengan bunyi dan makna dengan cara khusus. Kaidah yang dimilikinya itulah yang memungkinkan seseorang mampu memproduksi sejumlah tuturan baru yang tidak dapat diramalkan sebelumnya dan bukan tuturan lama yang diulang ulang. Seperti telah dibahas dalam bab terdahulu, ciri khas bahasa itu di antaranya adalah kreativitas. Ketika bertutur, seseorang tidak hanya mengulang ujarannya yang sama. la akan terus menciptakan tuturannya yang baru, misalnya, Anak itu menelan empat ekor anak burung atau, Kupu itu makan gajah. Dari mana datangnya kaidah itu? Bagaimana seorang anak menemukan kaidah itu? Dalam batas tertentu, anak anak harus membuat konstruksi perangkat kaidahnya sendiri dari sekumpulan tuturan yang didengar dari sekitamya.
Kelainan bicara dan bahasa adalah adanya masalah dalam komunikasi dan bagian-bagian yang berhubungan dengannya seperti fungsi organ bicara. Anak-anak termasuk kategori ini apabila mereka mempunyai kelainan komunikav seperti gagap, kelaianan artikulasi, kelainan bahasa atau kelainan suara, yang secara nyata berpengaruh terhadap kinerja pendidikan mereka. Penyebab kelaianan bahasa dan bicara dapat diakibatkan oleh berbagai macam. Bisa dari segi fngsional atau organik. Peneyebab fungsional, seperti stres, tidak ada kerusakan secara fisik. Kelainan organik seperti bibir sumbing, dapat dihubungkan dengan kelainan fisiologis. kelaianan bicara dan bahasa bisa diperoleh sebelum lahir, pada saat perkembangan atau diperoleh kemudia. Anak-anak dengan kelainan bahasa mempunyai kesulitan dalam mengekspresikan pikirannya atau memahami apa yang diucapkannya, sering menghadapi masalah baik dalam bidang akademik maupun dunia yang luas lagi. Pembelajaran bagi anak dengan kelainan bicara dan bahasa. Pertama, dengan layanan bicara atau bahasa dan pembelajaran kemampuan pengenalan huruf. Kedua, komunikasinya dengan menggunakan teknologi.  
Kelebihan dari buku ini yaitu buku ini telah memuat tentang konsep- konsep mendasar dalam kajian Psikolinguistik, mulai dari konsep mengenai proses berbahasa pada manusia, pemerolehan bahasa, pembelajaran bahasa, dan sampai gangguan berbahasa pada manusia, penyebab gangguan tersebut dan cara pemebelajaran pada anak yang kelainan dalam bahasa dan bicara telah dijelaskan dan buku ini baik untuk pelajar yang baru pertama belajar Psikolinguistik karena dalam buku ini menjelaskan tentang masalah-masalah dalam Psikolinguistik. Sedangkan kekurangan dari buku ini yaitu tidak ada biografi penulisnya, dari segi sampul buku ini kurang menarik karena sampulnya tidak berwarna dan hanya bertuliskan judul dan penulis. Dari segi bahasanya, buku ini sulit bahasanya sulit dimengerti kalau hanya membaca satu kali saja dan harus membaca berulang kali untuk memahaminya.
Yang saya dapat dari buku ini adalah saya bisa mengetahui banyak tentang makna Psikolinguistik itu sendiri yang mana sebelumnya saya belum banyak mengerti tentang Psikolinguistik, saya dapat mengetahui apa sebenarnya bahasa itu? dan dari mana kita memperoleh bahasa pertama kali? apakah bahasa itu bawaan atau hasil belajar? dan apakah dalam bicara dan berbahasa itu masih ada gangguan? Dan apakah yang dimaksud kelainan dalam berbahasa? Bagaimana cara pembelajaran anak yang mempunyai kelaianan dalam bicara dan berbahasa? Dalam buku ini, Alhamdulillah saya bisa menemukan tentang pertanyaan-pertanyaan yang saya sebutkan tadi. Dalam buku ini telah dijelaskan tentang masalah-masalah tersebut.

 

10 Responses to “resensiQ”

  1. nunungmuslim Says:

    makasih dah buat google tambah pusing liat fotonya pean dek hahahahaha


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s









thanks…:)



flag map counter


my music

<iframe frameborder="0" width=""270"" height=""265"" src="https://wpcomwidgets.com?width=%22270%22&height=%22265%22&src=%22http%3A%2F%2Fassets.myflashfetish.com%2Fswf%2Fmp3%2Fmp-dog.swf%3Fmyid%3D88802886%26path%3D2012%2F05%2F13%22&quality=%22high%22&flashvars=%22mycolor%3DB99868%26mycolor2%3D48808C%26mycolor3%3DFFFFFF%26autoplay%3Dtrue%26rand%3D1%26f%3D4%26vol%3D100%26pat%3D0%26grad%3Dfalse%22&salign=%22TL%22&wmode=%22transparent%22&_tag=gigya&_hash=c17a76fe8773806d1a9d7c398b552dfc" id="wpcom-iframe-c17a76fe8773806d1a9d7c398b552dfc"></iframe>Music Playlist at MixPod.com
 
 
%d blogger menyukai ini: